Minggu, 10 November 2013

Berita Dahsyatnya terjangan Topan Haiyan di Filipina

Do you want to share?

Do you like this story?

Topan benar-benar memporak-porandakan wilayah yang di laluinya. Sebagaimana kemarin topan Haiyan tersebut membuat kerusakan yang luar biasa di suatu daerah di Filipina. Lebih lanjut mengenai berita topan Haiyan simak artikel berikut yang saya kutip dari detiknews.com

Mengerikan! Mayat-mayat Bergelantungan di Pohon Akibat Topan Haiyan


Manila, - Topan Haiyan yang menerjang Filipina diyakini menewaskan lebih dari 10 ribu orang. Di kota Tacloban yang paling parah dihantam topan dahsyat ini, korban jiwa mencapai ribuan orang. Suasana di kota itu benar-benar mengerikan! Mayat-mayat tampak bergelantungan di pohon-pohon. Juga banyak jasad ditemukan tergeletak di pinggir-pinggir jalan dan terkubur di antara puing-puing bangunan.

Cuma ada satu kata yang digunakan para personel militer yang dikerahkan ke lokasi bencana, untuk menggambarkan keadaan ini: "tak terbayangkan".

Bahkan para pejabat memperkirakan jumlah korban jiwa akan meningkat tajam setelah para petugas penyelamat berhasil menjangkau daerah-daerah yang saat ini belum bisa dijangkau. Sejumlah daerah yang terkena bencana, kini terisolasi akibat tanah longsor dan banjir yang ditimbulkan topan ini.

Dikatakan Chris De Bono dari Unicef seperti dilansir News.com.au, Senin (11/11/2013), sekitar 9 juta jiwa terkena dampak bencana alam ini.

"Saya perkirakan korban jiwa akan terus bertambah. Kami melihat sekitar 9 juta orang yang terkena dampak topan ini, dari jumlah itu 4 juta di antaranya anak-anak," tuturnya.

"Daerah-daerah terisolasi, pulau-pulau tak bisa dijangkau, satu-satunya akses adalah dengan pesawat kecil atau helikopter militer," imbuhnya.

Saat ini para petugas terus berjuang untuk menyalurkan bantuan ke beberapa kawasan yang dilanda Topan Haiyan. Ribuan tentara Filipina sudah dikerahkan untuk membantu para korban bencana, sementara pesawat kargo militer diterbangkan untuk membawa pasokan bantuan.

Topan Haiyan kini mengarah ke Vietnam dan sekitar 600.000 jiwa penduduk di kawasan utara negara itu sudah diungsikan. Diperkirakan kecepatan Topan Haiyan tidak akan seperti ketika menghantam Filipina.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements